CONTOH SURAT RESIGN | SURAT PENGUNDURAN DIRI KERJA

CONTOH SURAT RESIGN | SURAT PENGUNDURAN DIRI KERJA - Surat pengunduran diri kerja atau yang populer di sebut dengan surat resign adalah surat yang merupakan lawan dari surat lamaran kerja. Sesuai dengan namanya yakni surat pengunduran diri kerja maka sudah sangat jelas bahwa surat ini adalah sebuah surat yang berisi permohonan seorang karyawan kepada pihak tempatnya bekerja untuk mengundurkan diri atau berhenti bekerja.

Menggunakan surat pengunduran diri untuk berhenti bekerja merupakan cara terbaik dan bisa di bilang cara paling sopan, sebab dengan menggunakan surat resign ini maka pihak tempat anda bekerja tentu akan memiliki waktu untuk mempertimbangkan keputusan anda, dan tidak jarang beberapa perusahaan besar mewajibkan setiap karyawannya yang ingin mengundurkan diri harus menggunakan surat resign.

Surat pengunduran diri ini sebenarnya sangat mudah di buat, dan isinya pun sebenarnya sangat sederhana, namun ada beberapa poin penting yang harus ada di setiap surat pengunduran diri ini, dan beberapa poin penting itu adalah:

1. Alasan berhenti bekerja
  • Alasan kenapa anda memilih untuk berhenti bekerja merupakan faktor yang sangat penting, sebab alasan yang anda berikan akan menjadi bahan pertimbangan dari tempat anda bekerja apakah anda akann di izinkan berhenti bekerja atau tidak. Jadi berikan alasan logis serta dapat di terima agar permohonan anda untuk berhenti bekerja bisa di terima.

2. Ucapan terimakasih
  • Berikan ucapan terimakasih baik kepada atasan dan teman teman anda bekerja, sebab dengan begitu anda akan terkesan lebih menghargai mereka

3. Permintaan maaf
  • Permintaan maaf kepada atasan dan teman teman tentunya wajib di tulis di surat pengunduran diri, sebab tidak menutup kemungkinan selama anda bergabung dan bekerja bersama rekan rekan, anda memiliki kesalahan baik yang di sengaja maupun tidak di sengaja.

Itulah tiga poin penting yang harus di tulis di setiap surat pengunduran diri kerja. Nah bagi anda yang masih bingung tentang bagaimana bentuk dan cara penulisan surat pengunduran diri kerja langsung saja simak contoh surat pengunduran diri kerja yang benar berikut ini

CONTOH SURAT RESIGN | SURAT PENGUNDURAN DIRI KERJA

Contoh Surat Resign / Pengunduran Diri #1

Penyabangan, 31 Januari 2017

Kepada Yth,
Kepala Personalia PT. Salbut Jaya Abadi
Di Tempat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Salbut Jaya Abadi berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama               : Satria Baja Hitam
Departemen      : PT. Salbut Jaya Abadi
Jabatan             : Sopir Angkot
No. Karyawan  : 0013238.

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT. Salbut Jaya Abadi dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih. Terakhir saya mohon maaf apabila selama saya bekerja pernah melakukan kesalahan baik di sengaja maupun tidak di sengaja.

Hormat Saya,


(Satria Baja Hitam)
Contoh Surat Resign / Pengunduran Diri #2

Singaraja, 31 Januari 2017

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Jaya Bahari
Jl. Masjid Gondol No.18A
Singaraja

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Gundala Putra Petir bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Jaya Bahari sebagai Joki Perahu, terhitung dari tanggal 1 Februari 2017. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Jaya Bahari. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Jaya Bahari apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Jaya Bahari semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih

Hormat Saya,


(Gundala Putra Petir)
Dari kedua contoh surat resign di atas dapat di simpulkan bahwa surat pengunduran diri kerja harus di buat sesimpel mungkin, tidak bertele tele, langsung ke pokok pembahasan, dan yang paling penting adalah alasan yang di berikan harus benar benar bisa di percaya.

Semoga 2 buah contoh surat resign yang benar di atas bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di blog Firdi12 dan salam sukses.

Masukkan Email Untuk Update Artikel Terbaru:

1 Response to "CONTOH SURAT RESIGN | SURAT PENGUNDURAN DIRI KERJA"

  1. Suwun sob informasinya mengenai surat resign, contoh surat pengunduran diri nya juga udah lengkap dan mudah dipahami.

    BalasHapus