CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR

Contoh surat lamaran kerja - Surat lamaran kerja adalah sebuah dokumen yang di buat oleh orang yang ingin melamar pekerjaan dimana dokumen ini berisi sebuah permohonan yang di tujukan ke sebuah instansi atau perusahaan baik negri maupun suasta, dan permohonan yang di maksud di sini adalah agar si pembuat surat lamaran kerja bisa di terima berbagung menjadi bagian atau karyawan di tempat tersebut, dengan kata lain surat lamaran kerja adalah surat permohonan untuk mendapatkan pekerjaan.

Dewasa ini, dimana persaingan hidup semakin terasa dan kebutuhan yang semakin meningkat membuat banyak orang berfikir keras bagaimana cara mendapat penghasilan yang layak sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari hari, dan salah satu jalan yang paling nyata untuk bisa mendapat penghasilan yang layak adalah selain dengan membuka usaha sendiri adalah dengan menjadi karyawan di perusahaan ternama yang memberikan gajih serta tunjangan, maka dengan demikian penghasilan yang di dapat pun akan sepadan dengan yang di lakukan, namun sayangnya untuk bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan tidak lah mudah, apa lagi jumlah pekerjaan yang mungkin tersedia tidak sebanding dengan jumlah orang yang ingin melamar pekerjaan, kemungkinannya bisa mencapai 1 berbanding 10, 1 lowongan pekerjaan jumlah pelamar mencapai 10 orang, dan di sini lah beberapa faktor akan menentukan apakah kita layak mendapat pekerjaan tersebut atau tidak.

Selain faktor pendidikan dan pengalaman serta kepribadian yang umumnya menjadi kriteria sebuah perusahaan menerima karyawan, salah satu faktor yang sangat mendukung untuk bisa di terima saat melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja, artinya surat lamaran yang di buat untuk kemudian di serahkan ke tempat melamar kerja tersebut harus benar benar di perhatikan, baik dari segi penulisan, tata bahasa maupun persyaratan lainnya.

Melalui artikel ini, saya akan memberikan 2 buah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, namun sebelumnya ada beberapa hal yang perlu anda ketahu sebelum membuat surat lamaran pekerjaan, dan beberapa hal tersebut adalah

  • Bahasa Penulisan - Gunakan bahasa yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Di sempurnakan) atau bahasa Indonesia yang baik dan benar, harus jelas dan mudah di mengerti.
  • Persyaratan Dari Instansi/Lembaga - Sebelum tempat anda melamar pekerjaan menindak lanjuti surat lamaran kerja anda, hal yang juga akan di perhatikan adalah persyaratan dari tempat anda melamar pekerjaan tersebut, jadi lengkapi dulu persyaratannya baru ajukan surat lamaran kerja anda.
  • Keahlian Anda - Jika anda merasa memiliki keahlian khusus dalam sebuah bidang, maka bisa anda menyertakan keahlian tersebut di dalam surat lamaran kerja sebagai daya tarik, tapi jangan terlalu berlebihan karena akan terkesan anda sedang menyombongkan diri, malah bisa berakibat fatal.
  • Di Ketik/Tulis Tangan - Dalam hal ini anda bisa menulis surat dengan cara di ketik, tapi saya lebih menyarankan anda agar surat lamaran kerja di buat menggunakan tulisan tangan,  jadi tulislah serapi mungkin.

Dari beberapa keterangan di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa membuat surat lamaran pekerjaan tentunya tidak lah semudah yang di bayangkan, karena sebagaimana kita ketahui dan sudah saya katakan di awal bahwa surat lamaran pekerjaan ini menjadi salah satu faktor yang menentukan apakah kita layak di terima di tempat kita melamar pekerjaan.
Baca Juga ==>> Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Sebagai bahan rujukan berikut ini saya sertakan dua buah contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa anda ikuti

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR

Contoh Surat Lamaran Kerja 1


Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia PT. Salbut Jaya Abadi
Jl. A. Yani Selatan No. 3
Singaraja

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Lentera Jaya Bagus yang saya dapatkan dari harian Singaraja Post pada tanggal 2 Januari 2017. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Salbut Jaya Abadi.

Berikut ini adalah biodata singkat saya

Nama                                 : Yusuf Putra
Tempat / tgl. lahir            : Penyabangan 12 Februari 1990
Pendidikan Terakhir       : S1 Manajemen Informatika

Alamat                               : Jl Masjid Gondol No. 102
Telepon (HP)                     : 081338277123

Dan pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris saya sangat fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya, selain itu saya juga mengerti tentang cara menggunakan internet.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto Copy Ijazah S1
3. Foto Copy Transkrip Nilai
4. Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
5. Foto 3x4 yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.


Hormat Saya,


Yusuf Putra

Contoh Surat Lamaran Kerja 2


Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Sinar Pesisir
Jl. Masjid Gondol No.13
Singaraja

Dengan hormat,


Bpk. Husnul Hadi, seorang Sekretaris di PT. Sinar Pesisir, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan dan penambahan tenaga di Departement Marketing PT. Sinar Pesisir.
Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana pengembangan PT. Sinar Pesisir tersebut.

Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :
Nama : ......................................
Tempat & tgl. lahir : ......................................
Pendidikan Akhir : ......................................
Alamat : ......................................
Telepon (HP) : ......................................
e-mail : ......................................
Status Perkawinan : ...................................... (single/nikah)


Saat ini saya bekerja di PT. Jaya Bahari, sebagai Seke Kapeng, dengan fokus utama pekerjaan di bidang Ngorod Tali Kapeng.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1.
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.


Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,


(Nama Anda)

Artikel Terkait

PENTING
Perlu di ketahui bahwa setiap surat lamaran kerja yang di serahkan ke tempat anda melamar pekerjaan harus di sertai atau di lampirkan  CV atau Curicullum Vitae. CV ini adalah sebuah dokumen yang berisi informasi data pribadi secara singkat dan jelas, jadi hanya dengan melihat CV saja maka tempat anda melamar pekerjaan tersebut akan langsung tau sedikit tentang diri anda, dan untuk tau bagaimana bentuk dari sebuah CV silahkan klik link di bawah ini
Contoh CV ( Curriculum Vitae)
Dari ke dua contoh surat lamaran di atas anda tentunya sudah memiliki bayangan bahwa seperti apa surat lamaran yang akan di buat, dan dengan mengikuti salah satu dari contoh di atas saya yakin perusahaan atau tempat anda melamar pekerjaan akan mempertimbangkan untuk memanggil anda dan menindak lanjuti surat lamaran tersebut.

Semoga artikel CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog Firdi12.

Masukkan Email Untuk Update Artikel Terbaru:

0 Response to "CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR"

Posting Komentar